3.1.11

Tupoksi Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pengelolaan Sekolah

Tupoksi Pengelolaan Sekolah

a. Kepala Sekolah
Kepala Sekolah secara umum berfungsi sebagai  Edukator, Manager, Administrator, Supervisor, Lider, Inovator dan Motivator  (EMASLIM).
1).  Kepala Sekolah selaku pemimpin mepunyai tugas :
  1. Menyusun perencanaan
  2. Mengorganisasikan kegiatan
  3. Mengarahkan kegiatan
  4. Mengkoordinasikan kegiatan
  5. Melaksanakan kegiatan
  6. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
  7. Menentukan kebijaksanaan
  8. Mengadakan rapat/ pertemuan
  9. Mengambil keputusan
  10. Mengatur proses belajar mengajar
  11. Mengatur administrasi :
a). Kantor
b). Siswa.
c). Pegawai
d). Perlengkapan
e). Keuangan  dan,  f ) Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
12.  Mengatur Hubungan Sekolah dengan Masyarakat dan dunia usaha

2).   Kepala Sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi :
  1. Perencanaan
  2. Pengorganisasian
  3. Pengarahan
  4. Pengkoordinasian
  5. Pengawasan
  6. Kurikulum
  7. Kesiswaan
  8. Kantor
  9. Kepegawaian
  10. Perlengkapan
  11. Keuangan
  12. Perpustakaan
  13. Laboratorium
3).  Kepala Sekolah selaku supervisor bertugas menyelenggarakan supervisi mengenai :
  1. Kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan bimbingan dan penyuluhan / bimbingan karir
  3. Kegiatan ekstrakurikuler
  4. Kegiatan ketatausahaan
  5. Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha dalam melaksanakan tugas Kepala Sekolah dapat mendelegasikan kepada Wakil-Wakil Kepala Sekolah


 TUPOKSI GURU, WALI KELAS DAN KOORDINATOR

D.  G u r u
Guru bertanggungjawab kepada Kepala Sekolah, dan mempunyai tugas pokok dan bertanggung  jawab  melaksanakan proses belajar dan mengajar secara efektif dan efisien.
Tugas pokok dan fungsi guru adalah sebagai berikut :
a.  Membuat / menyusun Program Pembelajaran
  1. Program Tahunan
  2. Program Semester
  3. Menyusun Silabus
  4. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pengajaran
  5. Menetapkan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM)
b. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.
c. Menyusun alat penilaian dan melaksanakan penilaian hasil belajar
d. Membuat dan mengisi daftar nilai siswa.
e. Melaksanakan Analisis Hasil Belajar
f. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.
g. Melaksanakan kegiaan bimbingan siswa dalam proses belajar mengajar
h. Membuat atau menggunakan alat peraga dalam kegaiatan belajar mengajar
i. Melakukan invosi serta kreatifitas yang menumbuhkan minat belajar siswa
j. Mengikuti kegiatan MGMP secara berkesinambungan
k. Mengkuti kegiatan pengembangan Kurikulum
l. Melaksanakan tugas terentu di sekolah
m. Melakukan pengembangan setiap bidang studi yang menjadi tanggungjawabnya
n. Membuat Lembaran Kerja Siswa ( LKS )
o. Membuat catatan – catatan tentang kemajuan belajar siswa yang dibina
p. Meneliti daftar hadar sebelum memulai melaksanakan kegiatan mengajar
q. Melakukan /mengatur ruang kelas, ruang praktikum agar terjaga kebesihan dan keIndahan, keamanan , ketertiban serta kenyamanan bagin setiap guru mengajar
r. Disiplin waku mengajar agar target ketuntasan tercapai
s. Mengumpulkan angka kredit untuk kenaikan pangkat
t. Mematuhi kode etik profesional guru
u. Disamping tugas pokok di atas, guru juga membantu Kepala Sekolah dalam urusan Penyelenggarakan Pendidikan di Sekolah.

E.  Wali Kelas
Wali Kelas adalah Guru yang membantu Kepala Sekolah untuk membimbing siswa dalam mewujudkan disiplin kelas, sebagai manajer dan motivator untuk membangkitkan gairah /minat siswa  untuk beprestasi di kelas. Tugas pokok dan fungsi wali kelas sebagai berikut :

a. Pengelola kelas
b. Mengenal dan memahami situasi kelasnya.
c. Menyelenggarakan Administrasikan kelas meliputi :
1). Denah  tempat duduk siswa
2). Papan Absen siswa
3). Daftar Pelajaran di kelas
4). Daftar Piket Kelas,
5). Struktur Organisasi Pengurus Kelas
6). Tata Tertib siswa di kelas,
7). Buku Kemajuan Belajar.
8). Buku Mutasi Kelas.
9). Buku Peta Kelas
10) Buku Inventaris barang-barang di kelas
11) Buku Bimbingan kelas/ Kasus siswa
12) Buku Rapor
13) Buku Daftar Siswa Berprestai  di kelas
a. Memberikan motivasi kepada siswa agar belajar sungguh-sungguh baik di sekolah maupun di luar sekolah.
b. Memantapkan siswa di kelasnya, dalam mel;aksanakan tatakrama, sopan santun, tata tertib baik di sekolah maupun di luar sekolah.
c. Menangani / mengatasi hambatan dan gangguan terhadap kelancaran kegiatan kelas dan atau kegiatan sekolah pada umumnya.
d. Mengerahkan siswa di kelasnya untuk mengikuti egiatan-kegiatan sekolah seperti
e. Upacara Bendera, Ceramah, Pertandingan dan kegiatan lanilla.
f. Membimbing siswa kelasnya dalam melaksanakan kegiatan Ekstrakurikuler (Peran serta kelas dalam hal pengajuan calon pengurus OSIS, pemilihan ketua kelas, pemilihan siswa berprestasi, acara kelas, dll ).
g. Melakukan Home Visit ( kujungan ke rumah / oang tua ) atau kelauarganya.
h. Memberikan masukan dalam penentuan kenaikan kelas bagi siswa di kelasnya.
i. Mengisi / membagikan Buku Laporan Pendidikan (Rapor) kepada Wali siswa.
j. Mengajukan saran dan usul kepada pimpinan sekolah mengenai siswa yang menjadi bimbingannya.
k. Membuat Laporan tertulis secara rutin setiap bulan.

F. Koordinator- koordinator
1. Koordinator Matemaika
Koordinaor Matematika mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan Wakasek Urusan Kurikulum dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  • Menyusun program kegiatan mata pelajaran Matematika dilengkapi dengan alat peraga dan bahan.
  • Mengajukan usul dan saran pembagian tugas megajar mata kelompok mata pelajaran Matematika kepada bidang pelayanan pembelajaran melalui Wakasek Kurikulum.
  • Melaksanakan pengamanan sarana dan prasarana pembelajaran matematika.
  • Merekrut siswa yang berpotensi dibidang matematika untuk dikoordinasikan dengan koordinator Peningkatan Prestasi Akademik
  • Meningkatkan gairah siswa terhadap belajar dan atau penguasaan materi pelajaran matematika.
  • Mengajukan saran dan usul secara tertulis atau lisan kepada pimpinan sekolah dalam rangka meningkatkan prestasi siswa dibidang matematika.
  • Menggiatkan latihan untuk mengikuti lomba bidang studi matematika.
  • Membuat laporan tertulis secara rutin tiap bulan baik tentang data maupun kegiatan dibidang pelajaran matematika. Koordinator IPA ( Fisika, Kimia dan Biologi )
2. Koordinator IPA mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan Wakasek Kurikulum dalam kegiatan sebagai berikut :
  • Menyusun pembelajaran serta kegiatan Mata Pelajaran IPA (Fisika, Kimia dan Biologi) yang disertai dengan alat, bahan dan fasilitas yang diperlukan
  • Mengajukan usul dan saran dalam pembagian tugas mengajar kelompok Mata Pelajaran IPA, kepada Bidang Pelayanan Pembelajaran.
  • Menyusun Program Kegiatan Laboratorium IPA dilengkapi dengan bahan dan alat praktikumnya.
  • Merekrut siswa yang berpotensi di bidang saint / IPA untuk dikoordinasikan dengan koordinator Peningkatan Prestasi Akademik.
  • Melakukan pengamanan sarana dan prasarana yang ada di laboratorium.
  • Meningkatkan gairah siswa dalam belajar / penguasan materi pelajaran IPA melalui penelitian, percobaan / eksprimen di Laboratorium.
  • Mengatur dan membuat jadwal penggunaan laboratorium IPA.
  • Mengajukan saran dan usul secara tertulis maupun lisan kepada pimpinan sekolah mengenai kondisi Laboratorium atau kepada yang didelegasikan.
  • Membuat Laporan tertulis secara rutin tentang keadaan alat dan bahan serta kegiatan-kegiatan praktek di Laboratorium.
3. Koordinator IPS (Ekonomi, Sosiologi, Kewarganegaraan, Sejarah dan Geografi)
Koordinator IPS mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan Wakasek
Kurikulum dalam kegiatan-kegiatan berikut :
  • Menyusun program kegiatan Mata Pelajaran IPS (Ekonomi, Akuntansi, Sosiologi, Kewarganegaraan , sejarah dan Geografi) dilengkapi dangan media dan fasilitas pembelajaran yang diperlukan.
  • Mengajukan saran / usul pembagian tugas mengajar kelompok mata pelajaran IPS Kepada ketua bidang pelayanan pembelajaran melalui wakasek urusan kuriKulum.
  • Merekrut siswa yang berpotensi dibidang IPS untuk dikoordinasikan dengan koordinator Peningkatan Prestasi Akademik.
  • Menyusun Program kegiatan penelitian IPS dilengkapi dengan alat, media, bahan-bahan Melakukan pengamanan sarana / peralatan serta media pembelajaran IPS.
  • Meningkatkan gairah siswa dalam belajar / penguasaan materi pelajaran IPS melalui kegiatan penelitian, percobaan dan eksprimen.
  • Mengatur pembagian jadwal pengunaan alat dan bahan.
  • Mengajukan usul / saran kepada pimpinan sekolah mengenai alat, media dan bahan kepada yang didelegas.
  • Membuat laporan tertulis secara rutin tentang data maupun kegiatan yang dilakukan.

4.     Koordinator Bahasa ( Bahasa Indonesia . Bahasa Inggris )
Koordinaor Bahasa mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan
koordinasi dengan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurkulum dalam Kegiatan-
kegiatan sebagai berikut :
  • Menyusun program kegiatan pengajaran bahasa yang dilengkapi dengan media alat-alat bantu mengajar.
  • Mengajukan usul dan saran pembagian tugas mengajar kelompok mata pelajaran bahasa kepada ketua bidang pelayanan pembelajaran
  • Merekrut siswa yang berpotensi di bidang bahasa untuk dikoordinasikan dengan Koordinator Peningkatan Prestasi Akademik
  • Melakukan pengamanan sarana dan prasarana yang ada
  • Meningkakan gairah belajar siswa / penguasaan materi pelajaran melalui kegiatan dalam pembelajaran
  • Mengajukan usul dan saran kepada pimpinan sekolah, demi perbaikan proses Pembelajaran
  • Membuat Laporan tertulis secara berkala tentang kegiatan yang dilakukan.
5.  Koordinator Peningkatan Prestasi dan Akademik
Koordiator Peningkatan Prestasi Akademik mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan berkoordinasi dengan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum dalam kegiatan sebagai berikut :
a. Menyusun Program Kerja Peningkatan Prestasi Akademik setiap tahunnya.
b. Melaksanakan saringan siswa yang berprestasi dibidang MIPA dan IPS maupun Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam kegiatan Olympiade, bekerjasama dengan guru mata pelajaran terkait.
c. Meningkatkan gairah belajar siswa berhubungan dengan mata pelajaran, melalui Penelitian, percobaan / eksprimen baik di Laboratorium maupun di lapangan.
d. Mengajukan saran dan usul secara lisan / tertulis kepada pimpinan sekolah atau kepada yang didelegasikan.
e. Membuat laporan tertulis secara rurtin / tiap bulan tentang data dan kegiatan
6. Koordinator Perpustakaan dan Budaya Baca
Koordinator Perpustakaan dan Budaya Baca mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan berkoordinasi dengan Wakil Kepala Sekolah Urusan Ke-
siswaan dalam kegiatan  kegiatan sebagai berikut :
  • Menyusun Program kegiatan Perpustakaan dan Budaya Baca
  • Melaksanakan pengamanan sarana / peralatan yang ada di perpustakaan
  • Meningkatkan gairah baca siswa serta kunjungan perpustakaan
  • Menyusun perencanaan pengadaan pengadaan buku Perpustakaan
  • Meningkatkan kegiatan pelayanan di perpustakaan
  • Meningkatkan pemeliharaan dan perbaikan buku serta bahan pustaka.
  • Melaksanakan inventarisasi dan menata administrasi bahan perpustakaan
  • Mengajukan usul dan saran kepada pimpinan tentang sesuatu yang penting demi Pengembangan / peningkatan perpustakaan melalui yang didelegasikan.
  • Membuat laporan tertulis secara rutin setiap bulan tentang perkembangan perpustakaan.
7.  Koordinator Bimbingan dan Konseling.
Koordinator Bimbingan dan Konseling mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan berkoordinasi dengan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan  dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  • Penyusunan Program Kerja Bimbingan dan Konseling / bimbingan parir.
  • Berkoordinasi dengan Wali Kelas dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi Siswa tentang kesulitan relajar.
  • Memberikan pelayanan Konseling lepada siswa agar lebih meningkatkan prestasinya dalam belajar.
  • Memberi Bimbingan Karir kepada siswa agar mereka mampun mengembangkan diri untuk dapat melanjutkan pendidikan secara tepat sesuai bakat dan minatnya.
  • Memberikan bantuan kapada siswa agar mereka paham terhadap dirinya dan lingkungannya serta pemecahan kesulitan yang mereka hadapi.
  • Memberikan pertimbangan dan saran kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lapangan pekerjaan yang sesuai pada masa depan
  • Mengadakan penilaian pelaksanaan Bimbingan dan Konseling.
  • Menyusun statisik hasil penilaian bimbingan penyuluhan / bimbingan karir.
  • Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar praktik atau pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan.
  • Menyusun Laporan Pelaksanaan Bimbingan Penyuluhan / Bimbingan Karir.
8. Koordinator Keimanan dan Ketaqwaan ( IMTAQ )
Koordinator IMTAQ membantu bertugas membantu Kepala Sekolah dan berkoordinasi dengan Wakasek Kesiswaan dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  • Menyusun Progam Kerja Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan Agama dan Kepercayaannya
  • Melakukan dan mengawasi kegiatan pembinaan IMTAQ masingmasing Agama dan Kepercayaannya
  • Mengkoordinasikan pembagian tugas pengawasan dengan Wali Kelas
  • Melakukan pengawasan terhadap sarana dan prasarana serta alat/ fasillitas yang ada
  • Meningkatkan gairah anak dalam kegiatan Baca AL-QUR’AN bagi siswa Muslim dan Baca AL-KITAB bagi siswa Kristen dan Katolik. Bagi siswa yang beragama Hindu Baca Weda dan bagi siswa beragama Budha baca Tripitaka.
  • Merencanakan pengadaan alat dan sarana serta prasarana Ibadat, seperti Al-Qur’an, Al-Kitab. (Perjanjian Lama dan Baru) serta buku lain yang bernuansa pembinaan keagamaan
  • Mengabsensi siswa dalam mengikuti kegiatan-kegiatan bekerjasama seluruh pembina yang telibat
  • Mengajukan saran dan usul kepada pimpinan sekolah atau kepada yang didelegasikan mengenai hal-hal yang perlu perbaikan
  • Membuat Lporan tertulis atas segala kegiatan yang telah dilaksanankan
9. Koordinator Linkungan Hidup 
Koordinator Lingkungan Hidup mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan ber
koordinasi dengan Wakasek Urusan Sarana dan Prasrana Sekolah dalam kegiatan-kegiatn  sebagai berikut :
  • Bersama-sama Wakasek Urusan Sarana Prasarana Sekolah menyusun rencana kebutuhan sekolah.
  • Menata administrasi inventarisasi dan pendayagunaan Sarana dan Prasarana Sekolah.
  • Bersama-sama Wakasek Urusan Sarana dan Prasarana mengatur kegiatan kebersihan, keamanan, keindahan,keteraturan, lingkungan sekolah.
  • Bersama-sama Wakasek Urusan Sarana dan Prasarana Sekolah melakkan pemeriksaan /pengecekan barang-barang / alat/ mubeler yang ada baik / rusak untuk dilaporkan setiap bulannya.
  • Melakukan pemeriksaan rutin terhadap kebutuhan barang-barang ( barang habis pakai / tidak habis pakai ) serta peningkatan pengadministrasiannya
  • Mengkoordinasikan pengawasan dengan Wali Kelas terhadap barang di kelas.
  • Melakukan pengamanan terhadap sarana dan prasarana sekolah pada umumnya.
  • Menyampaikan himbauan tertulis atau lisan kepada siswa untuk menjaga dan memelihara segala barang-barang milik negara.
  • Mengajukan usul dan saran kepada pimpinan sekolah mengenai kegiatan pemeliharaan / perbaikan sarana / barang yang rusak atau pengadaan barang yang diperlukan mendesak.
  • Membuat laporan Inventarisasi barang setiap tiga bulan bekerjasama dengan staf Tata Usaha Sekolah.
10.  Koordinator Rumah Tangga.
Koordinator Rumah Tangga Sekolah mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dan berkoordinasi dengan para wakil Kepala Sekolah dalam kegiatan
sebagai berikut :
  • Bersama-sama Wakasek Urusan Sarpra, menyusun rencana kebutuhan sarpra.
  • Mengadministrasikan pendayagunaan sarpra sekolah
  • Menelola Pembiayaan Rumah Tangga Sekolah
  • Berperan aktif dalam kegiatan sekolah, khusus dalam pelayanan terhadap tamu sekolah.
  • Meneriksa secara rutin terhadap sarana prasarana (barang habis pakai / tidak habis pakai) serta peningkatan pemeliharaan / penyimpanan dan penggunaan.
  • Mengkoordinasikan pengawasan dengan Wali Kelas.
  • Melakukan pengamanan terhadap sarana dan prasarana sekolah.
  • Mengajukan usul dan saran kepada pimpinan sekolah mengenai pemanfaatan / penggunaan serta hal-hal lain demi kemajuan sekolah.
  • Menyusun Laporan tertulis secara berkala atas pelaksanaan kegiatan.
11. Pengelolaan Keuangan Sekolah.
Pengelolaan Keuangan Sekolah Kepala Sekolah dibantu oleh Bendahara / pemegang Kas yang terdiri dari Bendahara Rutin sekolah dan Pembantu Bendahara Komite Sekolah :

a.  Bendahara Rutin / Pemegang Kas Pembantu betugas :
  1. Menerima Dana Rutin sekolah yang diajukan SPM oleh Kepala Sekolah.
  2. Menyimpan Keuangan Sekolah di Rekening Sekolah
  3. Mengeluarkan / membayar harus berdasarkan persetujuan/diketahui Kepala Sekolah.
  4. Membayar Gaji guru dan pegawai setiap bulan
  5. Menyetor / membayar Pajak ( PPN dan PPh.) yang menjadi kewajiban
  6. Menutup Buku Kas Umum ( BKU ) setiap Akhir bulan diketahui Kepala Sekolah.
  7. Menyusun / membuat Laporan Pertanggungjawaban ( SPJ ) setiap akhir bulan dengan diketahui Kepala Sekolah.
  8. Menyimpan dan mengarsipkan semua surat-surat / kwitansi penegeluaran dengan rapi dan teratur
  9. Mengerjakan administrasi keuangan bedasarkan Kepmendagri No. 22 / 1983
  10. Berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah tentang kegiatan penegelolaan keuangan sekolah.
  11. Menyusun Laporan Tahunan pada akhir tahun Anggaran.
 b.  Pembantu Bendahara / Pemegang Kas Komite Sekolah bertugas sebagai berikut :
  1. Menerima uang yang bersumber dari Komite Sekolah serta membukukannya.
  2. Menyimpan keuangan Komite Sekolah di Rekening Sekolah.
  3. Mengeluarkan / membayar harus ada persetujuan Komite Sekolah dan diketahui oleh Kepala Sekolah.
  4. Membayar insentif guru dan pegawai dilakukan 3 ( tiga ) bulan sekali, kecuali Guru Tidak Tetap ( GTT ) dan Pegawai Tidak Tetap ( PTT) dibayar setiap akhir bulannya.
  5. Menutup Buku Kas setiap jenis penerimaan dan pengeluaran setiap akhir bulan diketahui oleh Ketua Komite Sekolah dan Kepala Sekolah.
  6. Menyusun Laporan Pertanggungjawaban kepada Komite Sekolah setiap 3 ( tiga ) bulan / triwulan.
  7. Menyimpan/ menata/ mengarsipkan semua surat-surat / kwitansi / tanda bukti Pengeluaran dengan rapi dan teratur.
  8. Mengerjakan administrasi keuangan berdasarkan ketentuan dan petunjuk yang baku dan berlaku umum.
  9. Berkoordinasi dengan Komite Sekolah, Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah dalam pengelolaan keuangan Komite Sekolah.
  10. Menyusun Laporan Tahunan pada akhir tahun anggaran.
  11. Tata Usaha Sekolah
  12. Tata Usaha Sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah yang meliputi Kegiatan sebagai berikut :
  • Menyusun Program Tata Usaha Sekolah
  • Mengelola Administrasi Sekolah
  • Administrasi perlengkapan / sarana prasarana sekolah
  • Administrasi Kesiswaan
  • Administrasi Kurikulum
  • Administrasi Kepegawaian
  • Administrasi Humas
  • Administrasi Ketatausahaan :
  • Mengagendakan Surat masuk / keluar
  • Mengetik surat
  • Menggandakan surat-surat
  • Mengarsipkan
  • Menata penomoran surat
  • Merapikan file-file surat
  • Mengirim dan menerima surat-surat
  • g. Menyusun dan menyajikan data statistik sekolah.
  • h. Mengurus dokumen-dokumen sekolah.
  • i. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7 K di ruangan Kantor Sekolah.
  • j. Menyusun Laporan – laporan ketatausahaan sekolah.

No comments:

Post a Comment

Apa Komentar Anda !